Halo Bromo !

4 Feb 2015

4ee372f44ab241606ef424d4bdf6245c_1

Setelah rencana liburan gagal terus, akhirnya kemarin baru bisa menikmati liburan. Sebelumnya memang memiliki beberapa rencana ke berbagai tempat di liburan semesteran awal ini bareng teman SMA, mulai dari Sumenep, Malang bahkan Yogyakarta. Dan semua rencana itu gagal total. Padahal teman sudah siap tiket kereta api dengan tujuan malang, tapi nyatanya takdir berkata lain kami gagal ke malang dengan berbagai alasan.

Ya, aku salah satu orang yang ngebet ingin berliburan di semesteran ini. Pikirku setidaknya bisa menginjakkan kaki di luar Bangkalan lah. Bisa refreshing pasca ujian semester, bisa menginjakkan kaki di atas pasir putih pantai atau menghirup udara dingin di pegunungan. Dengan jatah liburan 1 bulan ini, aku merasa percuma rasanya bila hanya membusuk di tempat yang sama.Lalu akhirnya baru kemarin lah, bisa mengisi liburan. Tak tanggung-tanggung, liburan kemarin touring sepeda motor ke bromo bersama teman-teman d3mits angkatan 2014. Awalnya sempat khawatir liburan ke bromo ini akan gagal seperti rencana sebelum-sebelumnya. Karena sebelum itu, mendadak senior ingin mengadakan briefing pada tanggal yang kami rencanakan ke bromo sebelumnya. Briefing mengenai rencana studi pada semester 2 dan mewajibkan datang semua satu angkatan. Kami semua sempat was was. Lalu setelah melakukan loby dengan senior, akhirnya kami direstui ke bromo dan briefingnya digantikan dengan via sms saja. Semua senang, hati pun riang.

Perjalanan dimulai dari mengumpulkan pasukan di masjid manarul its. Rencananya ngumpul jam 7 malam ba’da isyak dan kita langsung berangkat. Seperti biasa, layaknya kebiasaan orang Indonesia lainnya, kami molor. Bahkan ini bisa dikatan bukan molor lagi tapi kebablasan. Bayangkan saja kita baru bisa berangkat jam 9 malam. Tapi tak masalah, toh kami diajarkan SOB waktu pengkaderan. Jadi benar-benar dipraktikkan, contohnya ya nungguin teman lainnya.

Setelah itu kami berbondong-bondong berangkat. Saat perjalanan, ada saja yang menghambat kami. Mulai ada bannya bocor, mogok sampai harus berhenti sekadar ingin pipis. Ya terpaksa kami berhenti sejenak, sebelum bisa melanjutkan perjalanan lagi. Menempuh rute Surabaya-Sidoarjo-Bangil-Pasuruan-Probolinggo, memakan waktu sekitar 3 jam, baru kami sampai di Probolinggo. Perjalanan dilanjutkan ke Gerbang masuk Bromo. Nah disini tidak hanya membutuhkan kondisi sepeda motor yang prima, doa juga diperlukan disini. Jalanan menanjak, berkelok-kelok, banyak lubang, sepi, tidak ada lampu jalan, sebelah kiri jurang. Cukup ekstrem menurutku. Apalagi dengan sepeda motor yang memang jarang diservis, sungguh berat melawan jalan ke bromo dengan penuh tanjakan. Sepeda motor dipaksa untuk kerja rodi lah.

Kami terus menarik gas sepeda motor kami dan akhirnya kami sampai tempat pos tiket ke Bromo. Lega akhirnya sampai tujuan dengan keadaan motor baik-baik saja. Tapi, sampai di sana udaranya dingiiiiiiin bro! Udara sangat dingin membuat nafas yang keluar dari mulut berasap, seperti nafas naga gitu. Tangan juga mulai kaku, kaki gemetaran. Padahal sudah pake sarung tangan, tapi tetap saja gemetaran. Maklum saja, aku adalah makhluk tropis asal Madura yang katanya gersang itu. Setelah itu, kami langsung bergegas sholat subuh karena jam sudah menunjukkan jam 5 tepat.
776592114f0a590475693a8fe80fd07a_3

Sehabis sholat, kami bergegas melanjutkan perjalanan kami ke Gunung Bromo. Mencari sebuah keindahan yang bernama sunrise. Sayangnya kami tidak beruntung, nampaknya kami telat dan cuaca hari itu agak mendung. Matahari sudah muncul agak tinggi dengan awan mendung di atasnya. Walaupun begitu, ini tidak mengurangi keindahan Bromo.

a80f8f76295d6c31581bdee5050979ac_4

Mulut tidak bisa berkata apa-apa, kagum dengan bumi pertiwi ini memiliki alam yang seindah ini. Hamparan pasir yang sangat luas, kanan kiri gunung membentang, padang savanna yang tenang. Ah tidak bisa berkata apapun selain rasa kagum.