Lestarikan Bahasa Kita, Bahasa Indonesia

8 Jan 2013

Lestarikan Bahasa Kita, Bahasa Indonesia - Bahasa Indonesia, apa itu bahasa indonesia?Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya sehari sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi. Disini saya akan membahas bagaimana bahasa Indonesia di kalangan generasi muda dan bagaimana sikap generasi muda melestarikan bahasanya sendiri.

Pada masa ini, sudah jarang sekali generasi muda menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar. Mereka lebih sering menggunakan bahasa ‘gaul’ indonesia karena itu merupakan hal yang sudah menjadi kebiasaan serta pengaruh lingkungan yang sangat besar. Maksud pengaruh lingkungan disini adalah misalnya adalah dalam kasus ini. Biasanya masyarakat daerah masih kental sekali dengan bahasa daerah yang mereka gunakan di daerah masing-masing. Sehingga apabila mereka menggunakan bahasa Indonesia, maka mereka akan berbicara menggunakan bahasa indonesia yang baik, yaitu bahasa indonesia yang baku. Lalu mereka merantau ke kota-kota besar misalnya jakarta, nah karena faktor lingkungan itu mereka tidak lagi menggunakan bahasa indonesia yang baik dan baku, mereka lebih sering menggunakan bahsa indonesia yang ‘gaul’. Padahal salah satu cara untuk melestarikannya dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dengan begitu kita akan mengetahui istilah-istilah baku bahasa Indonesia yang tadi nya kita tidak tahu menjadi tahu. Lalu maraknya lagi sekolah-sekolah yang menggunakan bahasa luar sebagai bahasa pengantar sehari-hari. Bukan hal yang tidak mungkin kalau nantinya generasi yang selanjutnya lebih senang menggunakan bahasa luar dibandingkan bahasa indonesia.

Maka dari itu tugas kita sebagai generasi muda adalah melestarikan bahasa kita sendiri bahasa indonesia. Dengan membiasakan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan mengajarkan kepada adik-adik kita yang lebih muda untuk lebih sering menggunakan bahasa Indonesia. Dengan dibantu sikap disiplin kita dalam menerapkan nya di diri kita masing-masing. Karena kalau tidak dimulai pada diri sendiri, siapa lagi? Siapa tahu orang disekitar kita pun akhirnya mengikuti kebiasaan kita itu. :)


TAGS Indonesia Pengalaman


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post